BINTANG: PARPOL LAHIRKAN MANUSIA TIDAK BERKUALITAS

Jakarta, 22 Rabi’ul Akhir 1435/22 Februari 2014 (MINA) – Pengamat politik, DR Sri Bintang Pamungkas mengajak ummat muslim Indonesia untuk membangun sistem kepemimpinan yang baik sesuai ajaran agama, mengingat sistem politik yang terbentuk  saat ini justru sering melahirkan manusia tidak berkualitas.

“Sistem politik  telah melahirkan manusia-manusia yang tidak berkualitas,” katanya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di sela-sela acara diskusi bertema ‘Mengkaji Pergerakan Politik’ di Masjid Baiturrahman, Tebet, Jakarta, Sabtu (22/2).

Menurutnya, sistem politik yang berjalan saat ini tidak mungkin melahirkan pemimpin yang berkualitas, karena partai politik dibuat dan didirikan oleh orang yang memiliki uang atau modal. Selanjutnya orang yang memiliki uang itu menjadi sangat berkuasa dan otoriter.

Also Read:  Philippines’ Abu Sayyaf Militants Free 10 Indonesian Hostages

“Dengan begitu partai politik isinya adalah orang-orang yang sebetulnya tidak berkualitas,” kata dosen Fakultas Teknik Industri di Universitas Indonesia tersebut.

Dikatakan, idealnya partai politik diisi oleh orang-orang yang berkualitas, jujur dan bersih. Tetapi dengan sistem kepartaian tidak mungkin itu terjadi.

“Kejadiannya justru orang-orang tidak berkualitas yang kemudian muncul jadi calon pemimpin atau wakil rakyat,” kata Bintang.

Menyikapi kondisi seperti itu, Bintang mengajak ummat muslim untuk dapat memberi contoh yang baik. Dari ummat muslimlah semestinya lahir pemikiran dan sistem yang baik.

“Kalangan Muslim adalah warga negara yang baik, maka semestinya juga dapat melahirkan sistem yang terbaik pula,” kata Bintang.

Dialog tentang pergerakan politik yang digelar di Masjid Baiturrahman, selain Sri Bintang Pamungkas juga menghadirkan pembicara lainnya. Yakni, Munarman SH (FPI), H Chep Hernawan (Ketua Gerakan Reformis Islam) dan sebagai moderator KH M Al Khathtath. Hadir sekitar seratus peserta dalam acara tersebut yang dengan antusias mengikuti dialog (L/P07/EO2 )

Also Read:  Bogor, Depok, Bekasi Implement Social Restrictions Starting from April 15

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.